Sukses

Mencium Bau Keringat Bisa Tularkan Rasa Bahagia

Berani coba untuk membuktikannya?

Liputan6.com, New York- Mencium aroma tubuh seseorang yang sedang berkeringat memang membuat tak nyaman. Namun, tak perlu mengelak bila menghirup bau keringat orang yang sedang bahagia karena bisa menularkan rasa yang sama ke Anda. Mau coba?

Studi yang dilakukan peneliti dari Faculty of Social and Behavioral Sciences Utrecht University, Belanda ini berawal dari studi sebelumnya yang menyatakan emosi negatif bisa disalurkan lewat aroma yang bernama 'chemosignals'. Para peneliti ini ingin tahu juga apakah emosi positif bisa juga tersalurkan lewat aroma tubuh. Ternyata bisa.

Hal ini diketahui setelah penelitian yang dipimpin Jasper H. B. de Groot inimengumpulkan 12 pria kemudian meminta menonton film horor dan bahagia. Lalu, peneliti mengumpulkan sampel keringat dari masing-masing orang yang dipindhakan ke bantal.

Selanjutnya peneliti meminta 36 wanita mencium bantal tersebut. Para peneliti pun mengukur ekspresi wajah mereka. 

Ternyata wanita yang tersenyum kala mencium aroma bantal sebagian besar ketikaka mencium bantal keringat pria yang sedang menonton film bahagia seperti dilansir laman Glamour, Rabu (29/7/2015).

Berhubung ini penelitian kecil, butuh studi lanjutan dalam kelompok besar untuk meyakini hal ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.