Sukses

Air Liur Bisa Deteksi Keberadaan Penyakit Ini

Sebelum penyakit ini menyerang bisa diketahui dengan mengecek air liur.

Liputan6.com, New York- Salah satu penyakit yang menyerang di usia lansia adalah Alzheimer. Biasanya penyakit ini baru menyerang pada mereka yang berusia 60 tahun. Ternyata, sebelum penyakit ini menyerang bisa diketahui dengan mengecek air liur.

Pada acara tahunan Alzheimer’s Association International Conference, peneliti mengatakan mereka telah menemukan serangkaian zat dalam air liur yang berbeda antara orang-orang yang mengalami penuaan secara normal, orang dengan mild cognitive dementia, dan penyakit Alzheimer.

Hal ini disampaikan Sharaddha Sapkota, seorang mahasiswa pasacarsarjana di ilmu saraf University of Alberta, Kanada dan rekan-rekannya. Hasilnya, para ilmuwan menemukan pola senyawa yang berbeda yang menentukan seseorang berisiko tinggi mengembangkan degeneratif otak dalam kondisi lebih serius.

Memang perbedaannya belum begitu kentara, namun itu jadi tujuan penelitian selanjutnya seperti diungkap Sapkota dikutip Time, Jumat (24/7/2015).

Lalu, untuk menghindari Alzheimer, Sapkota menyarankan para dokter yang menangani mereka dengan kondisi mild cognitive dementia fokus menangani pasien yang berisiko tinggi mengalami Alzheimer baik lewat tes teratur dan perawatan intensif.

Baca Juga:

Alzheimer, Penyakit yang Menyerang Memori Otak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit Alzheimer/ pikun merupakan suatu kondisi dimana sebagian sel- sel di otak sudah tidak berfungsi.

    Alzheimer

Video Terkini