Sukses

Manfaat Kemangi untuk Kesehatan

Sayuran hjau yang memiliki wangi unik ini kerap menjadi teman sambal.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang senang mengonsumsi lalapan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kemangi. Sayuran hjau yang memiliki wangi unik ini kerap menjadi teman sambal.

Namun siapa sangka, tanaman ini mengandung banyak manfaat kesehatan. Dokter naturopati, Brian Hetrich mengatakan, tumbuhan ini tinggi antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi.

Belum lagi beta karoten dan magnesium yang dapat melindungi sel terhadap sejumlah penyakit, termasuk penyakit jantung, asma, osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan inflamasi penyakit usus.

Laman Prevention, Kamis (23/7/2015) melaporkan, tumbuhan ini juga dapat membantu menenangkan sakit kepala. Senyawa eugenol telah terbukti memiliki efek yang sama seperti aspirin dan ibuprofen yang dapatt memblokir aktivitas enzim siklooksigenase (COX).

Di sisi lain, Penulis buku Backyard Pharmacy, Ellizabeth Millard menyarankan konsumsi kemangi lebih baik dikunyah untuk mengurangi nyeri akibat sakit kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini