Sukses

3 Gangguan Akibat Terlalu Sering Menatap Layar Ponsel

Menatap layar terang selama berjam-jam dapat menimbulkan masalah pada mata.

Liputan6.com, New York- Selain layar komputer, keseharian masyarakat modern juga tak terlepas dari perangkat teknologi lain yang menggunakan layar seperti smartphone dan televisi. Namun awas jangan sampai kelebihan, bisa-bisa mata Anda jadi korbannya.

Hingga saat ini memang belum ada penelitian yang menunjukkan penggunaan teknologi berlayar sebabkan kerusakan mata secara permanen. Namun menatap layar terang selama berjam-jam dapat menimbulkan masalah pada mata seperti diungkapkan dokter spesialis mata dari University of Miami, Amerika Serikat, Dr. Richard Shugarman.

Lalu, seringkali banyak orang datang memeriksakan diri ke dokter mata menyatakan ketidaknyamanan dengan kondisi mata. Padahal bisa jadi hal tersebut terjadi karena terlalu lama di depan teknologi berlayar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga gangguan

Berikut tiga hal yang biasa dikeluhkan orang yang terlalu lama menggunakan teknologi berlayar seperti dikutip laman Live Science (Rabu, 22/7/2015).

1. Sakit kepala
Layar dengan kontras tinggi dapat menyebabkan sakit kepala seperti diungkapkan Shugarman. "Membaca tulisan gelap berlatarelakang sangat terang bisa membuat kejang otot di mata sehingga sebabkan sakit kepala terang," tutur Shugarman.
Jika mendapati kepala mulai pusing, cobalah untuk mengatur kontras pada layar komputer, TV, maupun HP coba kurangi kontrasnya.

2. Mata Kering
Ketika melihat sesuatu dalam jarak, mata akan berkedip beberapa kali. Namun ketika melihat hal-hal yang dekat dengan Anda ini akan membuat mata jarang berkedip sehingga air mata lebih cepat mengering ketikan berkedip lebih sering.

3. Mata tegang
Menghabiskan berjam-jam menggunakan perangkat komputer atau ponsel membuat otot mata tegang dan menyebabkan sakit kepala, katanya. Jika memang pekerjaan berkutat dengan komputer dapat mengatasinya dengan berisitirahat beberapa kali dalam satu jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini