Sukses

Cara Efektif Ajak Pasangan Bergaya Hidup Sehat

Bila ingin mengajak pasangan berhenti merokok, mulailah lebih sering berolahraga, berhentilah mengomel

Liputan6.com, Jakarta Bila ingin mengajak pasangan Anda berhenti merokok, berhenti malas-malasan di ranjang dan mulai lebih sering berolahraga, berhentilah mengomel dan mulailah bergerak. Menurut buletin Personality and Social Psychology September ini, orang lebih mungkin berhasil memotivasi pasangannya untuk memilih kebiasaan-kebiasaan yang sehat bila ia sendiri melakukan kegiatan yang menyehatkan itu.

Dalam suatu penelitian, lapor buletin itu, 44 pasang suami-istri diminta menggambarkan bagaimana mereka merangsang pasangan mereka untuk mengembangkan kebiasaaan-kebisasaan sehat, dan sebaliknyam bagaimana pula mereka menanggapi upaya yang dilakukan oleh pasangan mereka.

Baik para suami maupun istri berpendapat, mereka lebih mungkin berubah bila pasangan mereka melakukan kegiatan yang sama sebagaimana yang diinginkan. Para istri mengatakan, mereka lebih mungkin berubah bila suami mereka bersikap memberi contoh yang baik atau mendiskusikan masalah bersama.

Demikian pula para suami mereka, akan terbantu berubah bila istri membantu mengubahnya. Jadi kesimpulannya jelas. Mari berhenti bertengkar dan mulai kerjakan bersama-sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini