Sukses

Cara Kemkes Kurangi Kemacetan Saat Mudik

Pulang mudik merupakan tradisi bangsa Indonesia dalam menyambut dan merayakan Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta Untuk membantu mengurangi kemacetan serta mencegah kecelakaan lalu lintas, para pegawai Kementerian Kesehatan menyelenggarakan `Pulang Mudik Bersama`.

Seperti yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya, Menteri Kesehatan Nila Moeloek melepas 693 karyawan dan keluarga dengan 16 bus diberangkatkan untuk mudik bersama. Pemudik ini terdiri dari pegawai golongan I dan II, pramubakti, supir, honorer dan lainnya, dengan tujuan Purwokerto, Yoyakarta, Solo, Surabaya, Lampung, Palembang dan Padang.

"Mudik merupakan tradisi bangsa Indonesia dalam menyambut dan merayakan Idul Fitri. Peristiwa ini merupakan tradisi nasional di mana seluruh instansi pemerintah termasuk swasta dan dunia usaha memberikan perhatian khusus bagi karyawan dan keluarga dalam melaksanakan tradisi ini dengan baik, aman dan penuh perhatian," katanya, Rabu (15/7/2015).

Di kesempatan yang sama, Menkes berpesan agar mereka selalu menjaga kesehatan, memelihara daya tahan tubuh dan menerapkan `Pola Hidup Bersih dan Sehat` serta tidak akan pernah merokok, khususnya selama dalam perjalanan.

Sedangkan bagi para pengemudi bis dan segenap awak bis diminta untuk berhati-hati dan mentaati peraturan lalu lintas. Jika merasa lelah segera digantikan dengan supir cadangan dan/atau istirahat agar dapat mengemudikan kendaraan dengan baik, aman dan selamat sampai tujuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.