Sukses

Jurus Peregangan di Tengah Kemacetan Saat Mudik

Bila Anda kurang beruntung dan terjebak macet selama mudik, sebaiknya manfaatkan gerakan peregangan

Liputan6.com, Jakarta Puncak arus mudik diperkirakan akan padat pada esok dan lusa. Bila Anda kurang beruntung dan terjebak macet selama mudik, sebaiknya manfaatkan gerakan peregangan kepala, bahu, kaki, tangan dan leher untuk mengurangi kekakuan.

"Peregangan selama macet dapat mengembalikan kesegaran dan kebugaran," kata praktisi kesehatan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. Mohammad Adib Khumaidi, Sp.OT saat ditemui beberapa waktu lalu, ditulis Rabu (15/7/2015).

Lebih jelasnya, simak ulasannya, seperti dikutip dari Wikihow:

1. Meregangkan leher

Regangkan leher ke kiri, kanan, depan dan belakang setidaknya selama beberapa detik. Pastikan bahwa saat kepala miring ke belakang, jaga rahang agar tetap santai dan biarkan mulut Anda sedikit terbuka. Manfaatkan kemacetan untuk menghindari lelah selama mudik. 

2. Meregangkan bahu

Letakkan lengan pada siku secara berlawanan, tarik lengan sampai Anda merasakan bahu sedang diregangkan. Dorong lengan yang diregangkan ke arah berlawanan untuk mengontraksi otot.

3 Meregangkan trisep

Angkat lengan Anda, tekuk siku kanan dan tempatkan di belakang kepala dan di antara tulang belikat.
Gapai siku kanan dengan tangan yang berlawanan.

4. Meregangkan tulang belikat

Gunakan kedua lengan Anda, dorong kedua tangan ke depan sambil menyilangkan jari.

5. Meregangkan pergelangan tangan

Tarik tangan Anda ke bawah dengan tangan yang berlawanan. Ulangi dengan sisi lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.