Sukses

3 Hal yang Penting Diperhatikan Bila Pemudik Bawa Anak

Bagi Anda yang ingin membawa anak saat pulang ke kampung halaman, sebaiknya Anda memperhatikan hal berikut

Liputan6.com, Jakarta Puncak arus mudik diperkirakan akan memuncak pada esok dan lusa. Bagi Anda yang ingin membawa anak saat pulang ke kampung halaman, sebaiknya Anda memperhatikan hal berikut:

1. Bawa bekal sehat

Tak ada salahnya membawa bekal yang sehat untuk si kecil. Seperti diungkapkan Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc., Sp.GK, setidaknya bawa buah-buahan sebagai camilan yang membuat anak tidak rewel.

"Camilan asin, seperti keripik akan membuat anak rewel, haus, pemarah. Itu efek dehidrasi. Sebaiknya bawa buah-buahan dengan warna-warni seru yang membuat anak senang. Misalnya pisang, semangka, jeruk, apel, melon atau anggur. Sebagai variasi, Anda juga dapat menyimpan es batu agar buah tetap segar," katanya, saat ditemui beberapa waktu lalu, ditulis Selasa (14/7/2015).

Tirta menyarankan, bila anak berusia dibawah 2 tahun, sebaiknya membawa makanan balita yang siap saji agar tidak terlalu repot di perjalanan. "Anda bisa bawa biskuit dengan susu UHT misalnya."

2. Tas Khusus Pakaian

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Prof Tjandra Yoga Aditama menyarankan pemudik yang membawa anak untuk tidak lupa menyediakan satu tas berisi pakaian seluruh keluarga.

Ini untuk berjaga-jaga siapa tahu selama perjalanan, ada anggota keluarga yang sakit, pakaian terkena tumpahan minuman dan untuk berganti pakaian saat di penginapan. Masukkan semua pakaian dalam satu tas agar mudah membawanya. Letakkan pakaian anak-anak di bagian atas tas agar mudah terjangkau. Sedangkan untuk perlengkapan bayi, letakkan di tas lain.

3. Obat-Obatan Keluarga

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang biasa dikonsumsi keluarga. Siapkan minyak kayu putih, plester demam, obat luka, plester luka, serta obat-obatan untuk anak-anak (obat flu, demam, batuk, anti mabuk).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini