Sukses

Dahi Kerap Berkeringat, Tanda Kurang Vitamin D

Vitamin D dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan keringat berlebih pada dahi.

Liputan6.com, Jakarta Vitamin D bukan hanya mempengaruhi kesehatan tulang. Sebab vitamin ini juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan keringat berlebih pada dahi.

Sebelumnya, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, sebelum usia 30 tahun, kita diharuskan untuk 'menabung' massa tulang. Pasalnya, kemampuan tubuh menurun untuk menyerap kalsium dna vitamin D diatas usia tersebut.

Penulis buku the Vitamin D Solution sekaligus Profesor Kedokteran, Fisiologi dan Biofisika dari Boston University Medical Center, Michael Holick, MD mengatakan, laporan Harvard School of Public memperkirakan satu miliar orang di seluruh dunia kekurangan vitamin D dan mereka tidak menyadarinya.

"Di Amerika Serikat, kekurangan vitamin D dapat dideteksi dengan tes darah. Biasanya mereka disarankan untuk mengonsumsi sekitar 600-1.000 IU vitamin D3 atau cholecalciferol," katanya, seperti dikutip Prevention, Selasa (14/7/2015).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Tanda kurang vitamin D

Lebih lanjut, simak tanda-tanda kekurangan vitamin D berikut:

1. Patah tulang

Holick mengatakan, masalah ini sebenarnya bisa dicegah dengan paparan sinar matahari, suplemen dan sejumlah makanan kaya vitamin D.

2. Nyeri kronis

Nyeri tulang atau osteomalacia bisa terjadi apabila Anda kekurangan vitamin D. Mereka yang didiagnosis dengan arthritis atau fibromyalgia juga kemungkinan kekurangan vitamin D.

3. Perubahan suasana hati

Meski belum jelas, namun sejumlah ahli kesehatan tulang mengatakan, vitamin D dan mineral dapat bekerja di otak di tempat produksi hormon seperti serotonin-yang mempengaruhi suasana hati.

4. Berkeringan berlebihan

"Dahi yang kerap berkeringat, bisa menjadi gejala utama kekurangan vitamin D," kata Hollick.

5. Lemas

Kekurangan vitamin D dapat membuat Anda merasa terlalu lelah, bahkan ketika Anda mampu tidur. Peneliti Harvard telah mengaitkan suplementasi vitamin D dengan peningkatan kontrol otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini