Sukses

5 Nutrisi Penting yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Saat hamil, seorang wanita harus menjaga asupan nutrisi yang tepat

Liputan6.com, Jakarta Saat hamil, seorang wanita harus menjaga asupan nutrisi yang tepat. Bila sebelumnya di tidak suka mengonsumsi sayur misalnya, mungkin sudah harus dibiasakan untuk perkembangan janin. 

Lantas, sebenarnya apa saja makanan yang perlu menjadi perhatian ibu hamil? Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc., Sp.GK mengatakan, ada 5 makanan penting seperti:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ati ayam

1. Ati ayam

Ati ayam merupakan salah satu protein hewani yang kaya akan folat. Folat dikenal sebagai asupan nutrisi yang mampu meningkatkan kesuburan dan meminimalkan risiko kecacatan pada janin dan bayi.

Kandungan vitamin B12 dapat membantu mempercepat regenerasi sel darah merah dan meminimalkan risiko penyakit anemia.

2. Daging

Daging sapi adalah sumber vitamin B12 dan sumber vitamin B6. Vitamin B12 ini yang sangat penting untuk metabolisme sel, menjaga sistem saraf yang sehat dan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Selain itu, daging sapi mengandung zat besi dan seng enam kali lebih tinggi dari pada daging lainnya. 

 

 

3 dari 3 halaman

Kacang-kacangan

3. Kacang-kacangan

Aneka kacang-kacangan mengandung protein tinggi yang baik untuk perkembangan janin.

4. Sayuran berdaun hijau

Hampir semua sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada, sawi, brokoli, kangkung mengandung zat besi yang tinggi. Manfaatnya, tentu saja untuk pembentukan Hb, metabolisme energi, dan sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

5. Tablet tambah darah dan asam

Baik menmiliki anemia atau tidak, ibu hamil tidak boleh meninggalkan tablet tambah darah dan asam folat. Hal ini akan membantu perkembangan otak janin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.