Sukses

Penyebab Kecanduan Karbohidrat

Kecanduan karbohidrat dapat disebabkan kelebihan hormon insulin, yang dikenal dengan chronic hyperinsulinemia.

Liputan6.com, Jakarta - Kecanduan karbohidrat seperti nasi, roti, pasta, dan camilan ringan seperti kue, donat, dan cokelat memang sangat sulit untuk dibendung. Apabila kecanduan karbohidrat terus terjadi hingga usia tua, maka yang akan dihadapi adalah kesulitan untuk menurunkan berat badan akibat kelebihan berat badan.

Dr Judith Rodin, Spesialis Penyakit Dalam dari Yale University mengatakan, kecanduan karbohidrat dapat disebabkan kelebihan hormon insulin, yang dikenal dengan chronic hyperinsulinemia. Kelebihan kadar insulin telah dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, kadar lemak yang tidak diinginkan, aterosklerosis, dan penyakit jantung. Dan Judith menyebut insulin sebagai hormon rasa lapar.

Dikutip dari situs Arab News, Kamis (9/7/2015), kelebihan insulin di dalam aliran darah, lanjut Judith, menyebabkan seseorang begitu menginginkan makanan kaya karbohidrat, yang mengantar energi makanan menjadi sel-sel lemak untuk penyimpanan yang kemudian mengunci di sel-sel lemak Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.