Sukses

5 Cara Aneh Melacak Kebahagiaan

Meskipun kebahagiaan cenderung subjektif, tapi perasaan ini bisa diselidiki dengan berbagai cara kreatif.

Liputan6.com, New York Perasaan bahagia ternyata mudah dideteksi. Meskipun kebahagiaan cenderung subjektif, tapi perasaan ini bisa diselidiki dengan berbagai cara kreatif. Berikut ini Livescience, Rabu (8/7/2015) mencatat lima penelitian aneh dalam melacak kebahagiaan, seperti:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Status twitter

1. Status twitter

Pengguna media sosial pasti tak asing dengan jejaring yang online yang satu ini. Jadi para peneliti di University of Vermont meneliti Twitter untuk melihat apakah mereka mengetahui tempat paling bahagia di Amerika Serikat.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan pada Mei 2013 di jurnal PLoS ONE, para ilmuwan menemukan negara paling bahagia di Amerika Serikat antara lain, Hawaii, Maine, Nevada, Utah dan Vermont. Sedangkan negara paling menyedihkan adalah Louisiana, Mississippi dengan, Maryland, Delaware dan Georgia.

 

 

3 dari 6 halaman

Status Facebook



2. Status Facebook

Banyak penelitian tentang kebahagiaan di Facebook. Belum lama ini, tepatnya pada 17 Maret 2014, ilmuwan mengamati emosi-emosi dalam status pengguna. Mereka menemukan, keluhan naik 25 persen pada Senin pagi. Tapi orang-orang yang memposting kata-kata positif juga naik sekitar 20 persen di hari yang sama. Mereka beranggapan kalimat positif akan membangun kebahagiaan seseorang.

 

 

4 dari 6 halaman

Instagram

3. Instagram

Di Instagram, Brasil disebut sebagai negara paling bahagia di dunia berdasarkan banyakmya icon senyum. Perusahaan Jetpac yang menganalisis ekspresi ini. Sedangkan Jepang dan Vatikan terendah.

 

 

5 dari 6 halaman

Kekayaan negara

 

4. Kekayaan negara

Terlepas dari media sosial, ukuran kebahagiaan di Bhutan juga tak kalah dengan negara lain. Negara kecil ini dianggap memiliki masyarakat yang bahagia karena mengalami kemajuan perekonomian. Survei pemerintah setempat mengungkap, kebahagiaan mereka terkait dengan kesejahteraan psikologis, kesehatan, pendidikan, standar hidup dan penggunaan waktu.

 

 

6 dari 6 halaman

Melihat masa lalu

5. Melihat masa lalu

Cara lain untuk mengukur kebahagiaanadalah menganalisis sejarah. Para peneliti dari University of Virginia melaporkan definisi kebahagiaan dari 30 negara menunjukkan, kebahagiaan terjadi karena nasib baik dan adanya kebaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.