Sukses

7 Kunci agar Hubungan Cinta Tetap Harmonis

Sebuah hubungan cinta jangka panjang memerlukan fondasi yang kuat untuk mengatasi setiap rintangan.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah hubungan cinta jangka panjang memerlukan fondasi yang kuat untuk mengatasi setiap rintangan. Meskipun tidak ada hubungan yang sempurna, fondasi yang kuat adalah kunci untuk menjaga sebuah hubungan bertahan lama. 

Semua hubungan cinta pada awalnya selalu berjalan manis, sempurna, dan terkesan tanpa usaha. Namun seiring berjalannya waktu diperlukan usaha dan kompromi dari kedua belah pihak agar hubungan tetap harmonis. 

Berikut tujuh kunci utama untuk menjaga hubungan cinta tetap awet dan bahagia, dilansir dari Allwomenstalk, Senin (6/7/2015). 

1. Tertawa bersama

Salah satu hal penting untuk membangun fondasi yang solid bagi hubungan Anda adalah adalah memastikan Anda dan pasangan sering menghabiskan waktu menyenangkan bersama. Tertawa adalah hal yang sangat luar biasa! Tertawa juga memiliki dampak menyenangkan seperti terapi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cinta sebagai sebuah aksi

2. Memahami cinta sebagai sebuah aksi

Jika ingin membangun fondasi yang kuat untuk hubungan Anda, maka Anda harus lebih dulu paham bahwa cinta adalah sebuah aksi. Artinya, Anda harus mengerti pasangan Anda ingin dicintai dan diperlakukan dengan cara apa lalu lakukan seperti keinginannya. 

3. Meminta maaf

Sebagai manusia, wajar jika kita melakukan kesalahan. Yang terpenting adalah aksi nyata setelah kita menyadari telah melakukan kesalahan dan menyakiti hati orang, terutama pasangan. Meminta maaf dengan tulus adalah salah satu cara memperbaikinya. 

4. Membangun sebuah atmosfer emosional

Untuk memiliki sebuah hubungan yang bahagia dan memuaskan, Anda harus bisa menerima perbedaan dari pasangan Anda. Jangan membuat mereka merasa tidak cukup berharga hanya karena mereka tidak bisa memenuhi semua kriteria pasangan ideal dalam benak Anda. Sebaliknya, buatlah pasangan merasa diterima dan dipahami, lalu tunjukkan betapa besar Anda mencintainya. 

3 dari 3 halaman

Sependapat bahwa kalian berbeda pendapat

5. Sependapat bahwa kalian berbeda pendapat

Banyak pasangan yang kerap tidak sependapat satu sama lain namun tidak menjadi masalah. Anda dan pasangan pun perlu belajar sesekali mengungkapkan pendapat yang berbeda dengan pasangan untuk membangun fondasi hubungan yang kuat. Alih-alih bertengkar karena berselisih pendapat, akan lebih baik jika satu sama lain berkompromi menghadapi perpedaan yang ada dan mencari jalan tengah untuk mengatasinya.

6. Saling menghormati

Agar hubungan Anda berjalan baik, Anda perlu menghormati pasangan. Hormati masukan dan ide-ide mereka, tunjukkan kepercayaan dan hargai keberadaan mereka. Jangan lupa lakukan hal menyenangkan bersama-sama karena ini akan menciptakan ikatan yang akan membantu Anda dan pasangan menghadapi berbagai rintangan di masa mendatang. 

7. Jadi pendengar yang baik

Coba untuk menyampaikan keinginan Anda dengan kalimat yang jelas dan cara yang baik agar pasangan tahu bagaimana cara membahagiakan dan mencintai Anda seperti yang diharapkan. Jadilah pendengar yang baik, jangan memotong pembicaraan dan fokus pada hal yang tengah disampaikan oleh pasnagan. Dengan demikian, kesalahpahaman dan pertengkaran pun bisa dihindari. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini