Sukses

6 Alasan Anda Harus Berlibur

Berlibur di antaranya bisa mengurangi risiko serangan jantung dan memperbaiki kualitas hubungan intim antar pasangan.

Liputan6.com, Jakarta Sudahkah Anda berlibur tahun ini? Jika belum, sebaiknya segera agendakan liburan Anda.

Penelitian menyatakan, berlibur tak hanya meningkatkan kebahagiaan melainkan juga baik untuk kesehatan. Berlibur di antaranya bisa mengurangi risiko serangan jantung dan memperbaiki kualitas hubungan intim antar pasangan.

Berikut enam manfaat berlibur seperti dilansir laman Themindunleashed, Jumat (3/7/2015). 

1. Mencegah demensia dan Alzheimer 

6 tumbuhan ini dapat menguatkan ingatan atau anti pikun. (Istimewa)

Risiko mengalami Alzheimer meningkat dua kali lipat per lima tahun setelah seseorang berusia 65 tahun. Menikmati liburan adalah salah satu cara menghalau penyakit ini. Sebuah studi menemukan, kegiatan traveling bisa mencegah pikun dan Alzheimer. 

2. Mengurangi risiko kematian akibat penyakit koroner atau serangan jantung

8 tips mencegah penyakit jantung sejak usia remaja.

Studi yang sama mencatat, perempuan yang berlibur setidaknya dua kali setahun akan lebih sedikit berisiko mengalami serangan jantung atau kematian akibat penyakit koroner dibandingkan perempuan yang berlibur tiap enam tahun sekali. Pria juga bisa mendapat keuntungan yang sama . Dalam studi tersebut dikatakan pria yang tidak berlibur setiap tahun 20 persen lebih berisiko meninggal dan 30 persen lebih berisiko meninggal karena penyakit jantung. Jadi, semakin sering Anda berlibur, semakin baik pula kesehatan Anda. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meningkatkan mood

3. Meningkatkan mood

Rutinitas pagi selama 7 menit ini bisa buat kamu lebih sehat dan bahagia.

Masih studi yang sama menunjukkan, berlibur bisa meningkatkan mood seseorang. Menurut studi, 86 persen orang yang bepergian mengklaim dapat memandang hidup secara lebih positif. 

Rehat sejenak dari stres sehari-hari tentunya bisa memperbaiki mood Anda. Dan berkenalan dengan budaya baru serta memupuk rasa ingin tahu Anda juga baik untuk pertumbuhan jiwa. 

4. Meningkatkan kehidupan seksual 

Anda pilek? Seks adalah jawaban atas masalah ini. Sebab, seks dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Jika kehidupan seksual Anda terasa membosankan, berlibur bersama pasangan bisa jadi jalan keluar. Menurut penelitian yang dilakukan The Travel Effect, sepertiga dari mereka yang berlibur berhubungan intim lebih sering ketika berlibur. 

3 dari 3 halaman

Meredakan stres

5. Meredakan stres

Bila selama bekerja Anda kerap merasa stres, berisiko mengalami penyakit mental seperti depresi dan cemas berlebihan.

Menurut Travel Effect, pekerja yang mengambil cuti dan berlibur lebih sedikit mengalami stres, lebih produktif, dan memiliki kepercayaan diri yang baik saat menyelesaikan tugas. Tak ada yang lebih baik dan menyenangkan dari mengambil jeda sejenak dari pekerjaan Anda. Anda akan memberi kontribusi yang lebih baik bagi perusahaan setelah berlibur. 

6. Ambil kesempatan untuk berolahraga ringan

8 tips mencegah penyakit jantung sejak usia remaja | via: playingfashion.com

Kebalikan dari hanya berdiam diri di rumah, berlibur memberi Anda kesempatan untuk mencoba aktivitas baru yang memicu minat Anda. Merencanakan perjalanan di alam terbuka baik untuk Anda dan tak ada alasan untuk melewatkan berolahraga ketika berlibur. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.