Sukses

Penyebab Kulit Kepala Bayi Berminyak

Cradle cap dapat muncul karena salah dalam melakukan perawatan kulit kepala bayi.

Liputan6.com, Jakarta - Cradle cap pada bayi adalah bentuk penyakit dermatologis yang membuat kulit kepala anak berminyak dan muncul ruam. Umumnya dialami ketika seorang bayi memasuki usia tiga bulan.

Kondisi ini mirip dengan ketombe, tidak menular dan tidak juga menyebar. Cradle cap dapat muncul karena salah dalam melakukan perawatan kulit kepala bayi.

Berikut alasan cradle cap muncul pada kepala seorang bayi, seperti dikutip dari situs Boldsky pada Kamis (2/7/2015).

Penyebab cradle cap pada bayi masih menjadi perdebatan. Namun, para dokter meyakini kondisi ini terjadi karena gangguan dermatologis. Meski penyebab utama tak diketahui, telah terbukti bahwa kondisi ini dapat terjadi karena kebersihan kepala yang buruk, alergi, dan infeksi bakteri atau virus.

Teori relevan lainnya menyebut, cradle cap terjadi karena aktivitas berlebih yang membuat kelenjar sebaceous (yang memproduksi minyak dalam kulit kepala bayi) bekerja. Orang awam mengenalnya dengan sebum. Produksi sebum berlebih akan menambah minyak pada kulit tua dan mati.

Selain itu, sisa hormon dari ibu di tubuh bayi setelah lahir juga dapat menyebabkan sebum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini