Sukses

Satu Ginjal Ini Untuk 3 Orang

Setelah penerima donor ginjal meninggal, ginjal tersebut kembali digunakan untuk menyelamatkan nyawa lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Seorang dokter asal Rumania menggunakan kembali ginjal yang sudah didonasikan ke orang yang membutuhkan setelah penerima ginjal pertama meninggal dunia. Penerima ginjal pertama adalah anak dari sang pemilik ginjal yang meninggal pada usia 36 tahun setelah mendapatkan serangan jantung.

Sesudah meninggal, dokter awalnya tidak yakin ginjal ini bisa dimanfaatkan kembali oleh orang lain yang membutuhkan atau tidak. Setelah bertanya kepada pemilik ginjal, ia mempersilahkan ginjal tersebut digunakan oleh orang yang butuh.

Kepada pihak medis, pria tersebut melihat kehidupan anaknya yang meningkat setelah mendapatkan ginjal dari tubuhnya meski tak lama kemudian meninggal. Sehingga ia ingin memberikan kesempatan yang sama untuk orang lain hidup kembali.

"Ayah yang menyelamatkan nyawa anaknya dengan ginjalnya ini secara spontan setuju menyumbangkan ginjal yang sama untuk orang lain. Hal ini benar-benar menakjubkan," ungkap Manajer Urologi dan Transplantasi Ginjal Institute in Cluj, Profesor Mihai Lucan. 

Ginjal tersebut kini telah dimasukkan kedalam tubuh pria berusia 51 tahun bernama Ioan Arnau yang selama setahun terakhir menjalani cuci darah seminggu tiga kali seperti dilansir Daily Mail, Senin (29/3/2015).

"Tindakan operasi ini ditangani secara hati-hati karena ginjal ini sudah pernah masuk ke penerima ginjal lain sebelumnya," terang dokter bedah yang memimpin operasi, Sorin Ienceu.

Setelah tindakan operasi transplantasi ginjal, urolog Florin Elec mengungkapkan ginjal tersebut mulai bekerja dan memproduksi urin. Keadaan pasien baik tanpa insiden dan dalam seminggu ke depan pulang ke rumah.

Berdasarkan data dunia, kasus seperti ini pernah terjadi 30 kali sebelumnya.

 

Baca juga:

8 Cara agar Ginjal Anda Tetap Sehat

3 Bahan Minuman Penyehat Ginjal

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini