Sukses

Makanan Favorit Orang Indonesia, Thailand, Filipina dan Singapura

Ini dia makanan favorit yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di negara negara Asean

Liputan6.com, Jakarta Nasi, serealia, mi dan umbi yang merupakan sumber karbohidrat masih merupakan kelompok bahan makanan favorit yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di negara negara Asean seperti Indonesia, Thailand, Filipina dan Singapura.

Demikian setidaknya hasil penelitian Survei Diit Total yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP (K) , MARS, DTM&H, DTCE menyebutkan, di Indonesia kelompok makanan ini dikonsumsi sebanyak 280 gr sehari.

Jumlah ini ternyata masih lebih sedikit dibandingkan dengan Konsumsi masyarakat Thailand atau Filipina yang sebanyak 306 dan 364 g berturut-turut, dan jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan konsumsi masyarkat Singapura yang sebesar 1.496 g.

Konsumsi makanan sumber karbohidrat masyarakat Singapura yang tinggi ini ternyata banyak berasal dari serealia olahan seperti mi. "Kami membandingkan pola konsumsi masyarakat Indonesia dengan beberapa negara tetangga, di mana terdapat beberapa perbedaan yang menarik untuk dicermati dari jenis makanan sehari-hari masyarakatnya,"ujar Prof. Tjandra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.