Sukses

Kemkes Anjurkan Konsumsi Nasi Merah Saat Sahur

Dibandingkan nasi putih, mengonsumsi nasi merah saat sahur ternyata bisa membantu menahan lapar selama sehari penuh.

Liputan6.com, Jakarta Dibandingkan nasi putih, mengonsumsi nasi merah saat sahur ternyata bisa membantu menahan lapar selama sehari penuh. Anjuran mengonsumsi nasi merah pun dilontarkan Kementerian Kesehatan.

Seperti disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan Prof dr Tjandra Yoga Aditama, nasi merah memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga gula darah bisa terjaga selama puasa.

"Untuk sahur, sebaiknya konsumsi beras merah dan roti gandum. Sedapat mungkin kurangi gorengan dan makanan santan. Buah  dan sayur wajib dikonsumsi selalu," kata Tjandra melalui pesan elektronik yang diterima Liputan6.com, Senin (22/6/2015).

Manfaat kesehatan dari beras merah memang tidak diragukan lagi. Situs kesehatan WebMD, melaporkan, beras merah bisa membantu mengontol kadar kolesterol serta memiliki kandungan vitamin B kompleks yang menjadi kunci terpenting dari proses berjalannya enzim-enzim dalam tubuh kita. Juga memiliki antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kanker. Serta dapat melancarkan gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah buang air.

"Agar sehat, semua makanan boleh dikonsumsi tapi jangan berlebihan. Bila sakit, sesuaikan makanan dengan jenis penyakitnya," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.