Sukses

Ribuan Pegiat Yoga Kumpul di Senayan dan Tiga Kota Lain

Ribuan pria wanita berbondong-bondong memasuki pintu satu senayan, Jakarta pagi ini.

Liputan6.com, Jakarta Ribuan pria wanita berbondong-bondong memasuki pintu satu senayan, Jakarta pagi ini. Rupanya mereka mau mengikuti yoga bersama. Kali ini momennya agak istimewa. Penyalenggara acara adalah Kedutaan India di Indonesia. Karena hari ini, 21 Juni adalah Hari Yoga Internasional.

"Yoga adalah warisan budaya berharga dari tradisi India kuno. Semoga dengan beryoga kita semua bisa membawa kedamaian, cinta dan harmoni,"ujar Duta Besar India untuk Indonesia Gurjit Singh saat membuka acara yoga bersama Minggu (21/6/2015) pagi itu.

Beberapa selebriti juga hadir meramaikan kegiatan ini. Ada Anjasmara, Ringgi Agus Rahman, Nia Dinata, Nicholas Saputra, Lulu Kamal, dan Farah Quinn. Beberapa pemain Mahabarata juga hadir. Tak hanya di Jakarta, kegiatan yang sama juga dilakukan di tiga kota lain, yakni Denpasar, Medan- Polonia, dan Surabaya.

Yoga adalah kegiatan fisik, mental dan spiritual yang telah berumur 5.000 tahun yang berasal dari India, yang bertujuan untuk mentransformasikan tubuh dan pikiran. Pada 11 Desember 2014, Majelis Umum PBB mendeklarasikan bahwa tanggal 21 Juni sebagai Hari Yoga Sedunia.

Deklarasi ini diumumkan setelah penetapan 21 Juni sebagai Hari Yoga Sedunia oleh Perdana Menteri Narendra Modi pada waktu beliau mengemukakannya kepada Majelis Umum PBB pada tanggal 27 September 2014 dimana beliau menyatakan: “Yoga adalah karunia berharga dari tradisi India kuno. Sebagai perwujudan kesatuan mental dan fisik; pikiran dan tindakan; pengendalian dan pencapaian; keharmonisan antara manusia dengan alam semesta; dengan pendekatan holistik kepada kesehatan dan kesejahteraan. Yoga bukanlah hanya melulu mengenai latihan fisik, tetapi juga mengenai kesatuan dengan diri sendiri, dunia dan alam semesta."

Dalam usulannya dengan tanggal 21 Juni sebagai Hari Yoga Sedunia, yang dipilih karena pada hari itu adalah pada saat matahari berada di ujung utara sebagai awal dari musim panas, Narendra Modi juga menyatakan bahwa hari tersebut merupakan hari terpanjang sepanjang tahun di Belahan Bumi Utara dan juga mengandung makna khusus di banyak bagian dunia lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat yoga



Manfaat Yoga

  • Kebugaran menyeluruh. Yoga memiliki berbagai posisi, pranayama (teknik pernafasan) dan meditasi sehingga menjadikannya sebagai paket kebugaran holistik yang lengkap.
  • Menurunkan Berat Badan. Latihan pagi Menyambut Matahari / Surya Namaskara dan Kapal Bhati pranayama adalah beberapa cara yoga untuk menurunkan berat badan. Selain itu, dengan latihan yoga secara teratur dapat membantu kestabilan berat badan.
  • Menghilangkan stres. Dengan latihan yoga selama beberapa menit sehari adalah cara menghilangkan stres fisik dan pikiran - yang menumpuk setiap hari.
  • Kedamaian hati. Yoga juga merupakan cara terbaik untuk menenangkan pikiran.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Posisi dalam yoga memungkinkan untuk memijat organ tubuh dan memperkuat otot; sedangkan teknik pernafasan dan meditasinya dapat menghilangkan stres dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Meningkatkan kepekaan. Yoga dan pranayama membantu menciptakan kepekaan dan memberikan kesadaran ke masa kini yang bahagia dengan pikiran jernih.
  • Memberikan kebahagiaan. Yoga dan meditasinya dapat memberikan ketenangan pikiran dan kebahagiaan.
  • Meningkatkan energi. Latihan yoga beberapa menit sehari adalah kunci rahasia untuk memperoleh kesegaran dan energi setelah seharian beraktifitas.
  • Meningkatkan kelenturan. Latihan yoga dengan teratur dapat melenturkan dan memperkuat otot tubuh. Ini juga dapat memberikan postur tubuh yang lebih baik pada waktu berdiri, duduk, tidur dan berjalan.
  • Mempertajam Indera. Yoga dan meditasinya dapat mempertajam intuisi sehingga secara tidak sadar anda dapat memutuskan hal-hal yang harus dikerjakan, kapan dan bagaimana, untuk memperoleh hasil yang positif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini