Sukses

Kompres Anak di Bagian Dahi Tak Ada Gunanya

Supaya panas turun, bukan dahi yang dikompres. Tapi, di daerah pembuluh darah besar. Seperti pangkal paha, lipatan lengan

Liputan6.com, Jakarta - Teknik mengompres yang dipercaya kebanyakan ibu saat si kecil demam adalah menempelkan kain basah yang dicelupkan air hangat ke dahi. Namun, teknik seperti itu dinilai salah oleh dr Piprim Basarah Yandarso, Sp.A(K).

"Supaya panas turun, bukan dahi yang dikompres. Tapi, di daerah pembuluh darah besar. Seperti pangkal paha, lipatan lengan, dan ketiak," kata dia di Gran Melia, Mega Kuningan, Jakarta, ditulis Kamis (18/6/2015).

Lebih lanjut, cara lain yang efektif dalam menurunkan demam anak dengan merendam si kecil di bak air hangat. "Efek demam pada anak itu kan banyak, salah satunya karena vaksinasi. Kalau tidak disertai kejang-kejang, silahkan merendamnya di air hangat. Tapi, kalau sudah kejang, periksa lebih lanjut dulu," kata dia menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.