Sukses

Jangan Gunakan Handuk Lebih dari Seminggu

Menggunakan handuk yang sama untuk mengeringkan tubuh dan wajah dalam waktu lama, bisa memicu timbulnya penyakit

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan handuk yang sama untuk mengeringkan tubuh dan wajah dalam waktu lama, bisa memicu timbulnya penyakit. Ini karena handuk bisa meninggalkan bakteri, virus dan jamur.

"Selalu gunakan handuk bersih dan kering untuk tubuh dan wajah," kata dokter kulit dan penulis The Mind-Beauty Connection, Amy Weschler, MD, seperti dikutip Cosmopolitan, Selasa (16/6/2015).

Selain itu, Asisten Profesor Fisiologi dan Biofisika di Weill Cornell fisiologi dan biofisika, Christopher Mason , Ph.D juga mengatakan, handuk bisa menjadi alat transfer bakteri sehingga bisa memicu jerawat.

"Walaupun handuk bersih, tapi ada kemungkinan sejumlah bakteri tertinggal di tubuh Anda. Dan hal ini yang yang menjadi residu karena bakteri dapat hidup pada handuk Anda selama seminggu," katanya.

Lantas apa yang harus dilakukan untuk mencegah bakteri berbahaya? Dokter kulit di New York, Doris Day, MD mengatakan, cukup gunakan satu sisi handuk. Balikkan dan gunakan sisi lain di hari berikutnya.

"Gantung handuk sampai kering dan usahakan untuk tidak menggunakan handuk lebih dari seminggu," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.