Sukses

3 Manfaat Menangis

Menangis pun mendatangkan manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Liputan6.com, Jakarta Jangan pernah malu untuk menangis. Jika menangis merupakan cara yang dapat membuat kita lega, lakukanlah dan jangan ditahan. Tidak perlu takut dibilang cengeng, karena menangis bukanlah sesuatu yang buruk.

Air mata mengucur dalam jumlah yang cukup banyak saat kita menangis. Selain membuat perasaan lebih lega, menangis pun mendatangkan manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Berikut manfaat menangis, dikutip dari Times of India, Senin (15/6/2015).

1. Membersihkan mata

Air mata yang keluar saat menangis melumasi bola mata dan kelopak mata guna mencegah dehidrasi pada mata dari berbagai membran mukosa.

2. Membunuh bakteri

Air mata bekerja sebagai agen antibakteri dan antivirus, yang dapat melawan kuman sehingga tak berkembang biak di tubuh. Air mata mengandung lisozim, cairan yang dapat membunuh 90 sampai 95 persen dari semua bakteri hanya dalam waktu 5 sampai 10 menit.

3. Meningkatkan suasana hati

Menangis diyakini dapat menurunkan tingkat kecemasan seseorang, dan seluruh perasaan yang tidak mengenakkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.