Sukses

Minum Air Dingin Usai Olahraga? Kenapa Tidak?

Air dingin membantu menurunkan suhu tubuh karena berkeringat.

Liputan6.com, Jakarta Banyak mitos tentang aturan minum air putih yang benar beredar di masyarakat. Ada yang mengatakan, minum air dingin merupakan salah satu penyebab terjadinya kegemukan. Ada juga yang percaya, sebaiknya minum air hangat karena saat berada di tubuh air itu menjadi dingin.

Ada juga yang menyebut, minum air putih yang baik adalah sesuai dengan suhu tubuh. Lantas, bagaimana fakta yang benar? "Minum sesuai suhu tubuh tidak cukup membuat air mineral yang kita minum dapat mengatasi masalah dahaga," kata Spesialis Gizi dari FKUI, dr Sri Sukmaniah, Msc, SpGK ditulis Senin (15/6/2015).

Selain itu menurut Sri tidak masalah bila usai olahraga meminum air dingin. Sebab, air dingin membantu menurunkan suhu tubuh karena berkeringat. "Sedangkan air hangat tidak terlalu bisa mengganti cairan dengan lebih cepat. Tapi, aman bagi pemilik gigi sensitif," kata Sri menambahkan.

Terpenting, tekan Sri, bukan suhunya yang seharusnya diperhatikan. Melainkan jumlah air yang dikonsumsi guna mencegah dehidrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini