Sukses

Posyandu Buat Remaja Juga Perlu

Hingga saat ini belum ada Posyandu yang diperuntukkan khusus bagi remaja yang kelak menjadi calon ibu.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini pos pelayanan terpadu (Posyandu) hanya diperuntukkan bagi ibu hamil, bayi, dan balita. Belum ada Posyandu yang diperuntukkan khusus bagi remaja yang kelak menjadi calon ibu. 

Meningat betapa pentingnya 1.000 hari pertama yang dimulai sejak sebelum si ibu menikah, maka Posyandu bagi remaja sangat diperlukan. Dengan begitu, para calon ibu bisa mendapatkan imu mengenai kesehatan reproduksi, gizi, dan persiapan menjadi ibu.

Terlebih, sejak 1980 hingga hari ini, belum ada peningkatan berat badan ibu hamil dan peningkatan status gizi saat hamil, dikarenakan kurangnya pengetahuan.

"Padahal, bila gizinya tak tercukupi, berpengaruh ke si anak. Dalam jangka panjang, orang tersebut berisiko menderita penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, dan stroke," kata Peneliti Tumbuh Kembang Anak dari Balitbangkes, Anies Irawati ditulis Jumat (12/6/2015).

Lebih lanjut, pelayanan Posyandu yang merupakan perpanjangan tangan dari Puskesmas masih sangatlah rendah. Waktu petugas untuk memberikan penyuluhan ke Posyandu pun dirasa kurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.