Sukses

5 Cara Manfaatkan Bawang Putih sebagai Obat Flu

Ya, bawang putih yang kerap dijadikan penyedap makanan ini dapat menolong kita mempercepat penyembuhan bila terserang flu

Liputan6.com, Jakarta - Bawang putih dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, antivirus, dan antioksidan sehingga menghindarkan kita dari serangan batuk, pilek, serta infeksi. Bahkan, bawang disebut juga dapat mengurangi keparan infeksi saluran pernapasan, dan menyembuhkan bronkitis kronis.

Tak hanya itu, minyak yang terkandung di bawang putih dapat membuka saluran pernapasan.

Dengan perubahan cuaca yang tak menentu, tubuh kita pun mudah sekali terserang flu, batuk, dan demam.  Jika dokter meresepkan obat, Anda pun dapat mempercepat proses pemulihan dengan bantuan bawang putih.

Berikut beberapa cara memanfaatkan bawang putih untuk menyembuhkan flu seperti dikutip Health Me Up pada Sabtu (13/6/2015)

Resep pertama : Kunyah satu siung bawang putih cincang setiap 3 sampai 4 jam sehari.

Resep kedua : Cincang 3-4 siung bawang putih dan diamkan selama beberapa jam. Tambah sejumput madu atau minyak zaitun. Kunyah sebanyak tiga kali sehari

Resep ketiga : Taruh 3-4 siung bawang putih cincang dalam segelas air. Aduk rata, dan segera minum dengan cepat. Lakukan ini setiap hari.

Resep keempat : Kupas semua bawang putih, simpan dalam botol dan tambahkan madu. Biarkan selama satu minggu, simpan di lemari es, dan makan 2 sampai 3 siung setiap kali kita flu. Jika diimbangi dengan gejala dingin yang parah, kunyah 7 sampai 8 siung bawang putih sehari.

Resep kelima : Blender campuran bawang putih, tomat, kemangi, dan garam. Minum smoothie ini setiap hari. Bisa juga ditambahkan sedikit cuka sari apel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.