Sukses

Kepala Peang pada Anak Bisa Disembuhkan

Pakar kesehatan Dr. dr. M. Arifin Parenrengi SpBS, menyatakan, kepala peang pada anak yang terjadi saat kelahiran dapat disembuhkan

Liputan6.com, Jakarta Pakar kesehatan Dr. dr. M. Arifin Parenrengi SpBS, menyatakan, kepala peang pada anak yang terjadi saat kelahiran dapat disembuhkan dengan memberikan helm khusus.

"Kelainan bawaan pada anak seperti kepala peang akibat proses kelahiran bisa disembuhkan dengan cara memberikan helm khusus atau operasi," katanya saat menjadi pembicara pada Peluncuran Pediatric Neurosurgery and Epilepsy Surgery Center RS. Husada Utama, Surabaya, ditulis Senin (8/6/2015).

Ia mengemukakan, selain kepala peang, penyakit Hidrosephalus yang sering ditemui pada masyarakat juga bisa disembuhkan dengan cara tersebut.

"Namun demikian, penyembuhan tersebut tidak bisa langsung dilakukan karena setiap anak memiliki perilaku yang berbeda dan juga ada kecenderungan seorang anak tersebut tidak tahan dengan pemakaian helm. Jadi cara tercepat yaitu dengan operasi," katanya.

Ia mengatakan, sebanyak 29 persen penyakit kelainan bawaan pada anak saat ini masih ditempati oleh hidrosephalus.

"Sementara itu, penyakit bawaan lain seperti tumor otak masih berada pada kisaran sekitar 10 persen dari kasus bawaan anak," katanya.

Data menunjukkan bahwa di rumah sakit dr. Sutomo jumlah operasi beberapa kasus bedah saraf untuk anak meningkat dari tahun ke tahun dengan beberapa kasus yang menonjol seperti Hydrocephalus, NTD (Neural Cube Defect) dan Infeksi, Tumor Otak.

Seperti tahun 2010 ada 149 kasus, tahun 2011 terdapat 241 kasus, tahun 2012 sebanyak 317 kasus. Kemudian 321 kasus di tahun 2013 dan 375 kasus di tahun 2014.

Ia mengatakan, jika dulu bayi setelah lahir masih harus menunggu beberapa bulan untuk melakukan tindakan operasi di kepala, kini hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan.

"Karena setiap kali bayi yang baru lahir tersebut diketahui ada penyakit bawaan, maka bisa langsung dilakukan tindakan beberapa hari setelah itu, tanpa harus menunggu lama," katanya.

Ia mengatakan, tumbuh kembang masa anak-anak akan memengaruhi kehidupannya di masa dewasa.

"Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk mengembangkan pelayanan dan keilmuan bedah saraf anak dengan mendirikan Pediatric Neurosurgery and Epilepsy Surgery Center di rumah sakit ini," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.