Sukses

Penyakit dan Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah (II)

Ada banyak penelitian tentang bagaimana golongan darah menunjukkan pola kesehatan seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Pada dasarnya darah manusia terdiri dari elemen dasar yang sama. Tapi pada kenyataannya ada faktor pembeda yang lantas menggolongkan darah dalam 4 tipe: A, B, AB, dan O. Faktor yang membuat golongan darah berbeda-beda adalah antigen, sitem imun tubuh yang terdapat pada permukaan sel darah merah. 

Penelitian membuktikan bahwa golongan darah bisa menunjukkan pola kesehatan seseorang, dilansir dari mnn.com, Senin (8/6/2015). 

Selain itu, budaya tertentu pun meyakini golongan darah bisa dipakai untuk mencermati kepribadian pemiliknya. Nah, apa golongan darah Anda? Yuk, cari tahu kecenderungan penyakit yang mungkin Anda derita serta seperti apa sifat yang Anda miliki!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Golongan Darah AB

Jika Anda memiliki golongan darah AB

Mereka yang bergolongan darah AB mempunyai antigen A dan B dalam sel darah merahnya, tapi tidak memiliki antibodi A maupun B dalam plasma darahnya. Jika Anda memiliki golongan darah AB positif, Anda adalah pendonor plasma universal. 

Orang dengan tipe darah AB diketahui 23 persen berisiko mengalami penyakit jantung dibandingkan mereka yang bergolongan darah O. Ibu hamil bergolongan darah AB memiliki kemungkinan menderita kondisi tekanan darah yang disebut pre-eklamsia. 

Sebuah studi menarik tentang golongan darah yang diterbitkan dalam jurnal Neurology mengungkap bahwa golongan darah AB 82 persen berisiko menderita gangguan kognitif, terutama dalam hal ingatan, bahasa, dan perhatian, dibandingkan golongan darah lainnya. Para peneliti menduga protein pembekuan darah yang dikenal dengan sebutan faktor koagulasi VIII adalah penyebabnya. 

"Karena tingkat faktor VIII dikaitkan dengan tipe darah, ini bisa jadi merupakan suatu hubungan kausal antara tipe darah dan gangguan kognitif," kata penulis studi Mary Cushman.

Sedangkan ketsueki-gata golongan darah AB adalah Anda memiliki sifat tenang, terkontrol, rasional, dan mudah beradaptasi. Tapi selain itu Anda juga senang mengkritik, tidak tegas, pelupa, dan tidak bertanggungjawab. 

3 dari 3 halaman

Golongan Darah O

Jika Anda memiliki golongan darah O

Bila Anda masuk dalam kelompok darah O, Anda sama sekali tidak mempunyai antigen A atau pun B dalam sel darah merah. Tapi Anda memiliki antibodi A dan B dalam plasma. O positif adalah golongan darah yang paling umum. Sementara O negatif adalah tipe pendonor universal bagi semua tipe golongan darah. 

Anda yang bergolongan darah O cenderung terkena bisul atau maag. Dan percaya atau tidak, orang dengan golongan darah O seringkali mengalami sobek tendon Achilles. Anda juga berisiko terjangkit kolera. Kabarnya baiknya, tipe darah O memiliki risiko rendah mengidap kanker pankreas, juga sedikit kemungkinan meninggal akibat malaria dibandingkan orang dengan golongan darah lain. Ya, individu dengan golongan darah O bisa dibilang adalah magnet bagi nyamuk!

Ketsueki-gata golongan darah O yaitu Anda penuh percaya diri, berpendirian dan berkemauan kuat serta intuitif. Namun, Anda juga cenderung terlalu peduli pada diri sendiri, dingin, tidak bisa diprediksi, dan berpotensi gila kerja. 

 

Baca juga

Penyakit dan Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah (I)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.