Sukses

Kenali Jenis Alergi pada Anak

Alergi ini bisa hilang ketika dewasa. Namun, saat dia beranjak tua, penyakit ini bisa muncul kembali

Liputan6.com, Jakarta Alergi pada anak kerap kali membuatnya menderita. Tak jarang, si kecil akan menjadi gelisah ketika tidur dan muncul ruam atau kemerahan pada kulitnya.

Masalahnya, menurut dokter Spesialis Anak Sub-Spesialis Alergi Imunologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Zakiudin Munasir, alergi ini bisa hilang ketika dewasa. Namun, saat dia beranjak tua, penyakit ini bisa muncul kembali dan mengancam jiwanya.

Untuk mengetahui jenis alergi pada anak, simak penuturan Zaki berikut ini:

1. Asma bronkial

Asma bronkial atau disebut juga bengek adalah suatu penyakit kronis yang ditandai adanya peningkatan kepekaan saluran napas terhadap berbagai rangsang dari luar (debu, serbuk bunga, udara dingin, makanan dan lainnya). Gangguan pernapasan ini menyebabkan penyempitan saluran napas yang meluas dan dapat sembuh spontan atau dengan pengobatan.

2. Rinitis alergika

Rintis Alergika adalah suatu gejala alergi yang terjadi pada hidung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

urtikaria



3. Urtikaria

Urtikaria (bidur, kaligata) merupakan suatu kelainan alergi pada kulit yang berbentuk bentol berwarna merah disertai rasa gatal dengan ukuran diameter yang bervariasi dari 2 milimeter sampai beberapa sentimeter. Urtikaria ini dapat tersebar pada berbagai tempat di kulit.

4. Dermatitis atopik

Dermatitis atopik adalah suatu gejala eksim terutama timbul pada masa kanak-kanak. Gejala ini sering mengenai pipi, siku dan tepi pinggir kulit anggota gerak bawah dan selanjutnya dapat menyebar ke daerah selangkangan.

5. Konjungtivitis alergika

Konjungtivitis alergika adalah suatu bentuk kelainan alergi pada mata yang mengenai kedua mata dan terjadi berulang. Gejala penyakit ini berupa gatal kemerahan. Banyak keluar air mata dan penglihatan silau. Kadang-kadang penderita merasa ada sesuatu yang mengganjal pada mata

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini