Sukses

Yang Ditanam Seribu Hari Pertama, Itulah yang akan Didapat

Apa yang orangtua tanam di seribu hari pertama kehidupan si kecil, itulah yang akan mereka terima saat si kecil berusia dewasa.

Liputan6.com, Jakarta - Seribu hari pertama merupakan periode terpenting yang tak dapat diulang kembali. Apa yang orangtua tanam di seribu hari pertama kehidupan si kecil, itulah yang akan mereka terima saat si kecil berusia dewasa.

Dokter Spesialis Kandungan, Dr dr Ali Sungkar SpOG(K) mengatakan, asupan makanan yang orangtua berikan di seribu hari pertama atau periode emas dalam kehidupan si kecil memengaruhi proses tumbuh, kembang, dan psikologis sampai di dewasa.

"Gangguan pada periode emas seperti sistem daya tahan tubuh, perkembangan otak dan pertumbuhan dapat menghambat masa depannya. Asupan nutrisi dan stimulasi sangatlah penting dan perlu diperhatikan sejak dalam kandungan karena otak si Kecil mulai terbentuk sejak minggu ketiga kehamilan," kata Ali Sungkar, Senin (1/6/2015)

Menurut Ali Sungkar, di sinilah peran penting orangtua dalam memenuhi tiga kebutuhan dasar si kecil: perlindungan, stimulasi, fisik, serta kasih sayang untuk memastikan tumbuh kembang si kecil. "Maka itu, asupan nutrisi yang baik akan memenuhi kebutuhan fisik si kecil, dan membantunya mencapai tumbuh kembang yang optimal," kata Ali menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini