Sukses

Bagaimana Cara Memilih Suplemen yang Tepat?

Kapan kita butuh mengonsumsi suplemen kesehatan?

Liputan6.com, Jakarta Terkadang kita tidak dapat mengonsumsi makanan sehat, padahal tubuh menuntut maknan yang optimal agar dapat mempertahankan kesehatan. Pada saat inilah kita butuh mengonsumsi suplemen kesehatan.

Begitu disampaikan dokter spesialis gizi klinik dari RS Cipto Mangunkusumo, Inge Permadi dalam acara `Jakarta Health Week 2015` yang berlangsung sejak 20-22 Mei 2015 di Senayan City Jakarta.

"Tipe dari Suplemen, ada yang bersifat kimiawi seperti vitamin dan mineral dan alamiah (Nutraceutical) seperti Herbal (bawang putih, jahe, madu, acai berry dan sebagainya). Makanan (food supplement) seperti bahan makanan sumber protein, asam amino, peptide, lemak, asam lemak, karbohidrat, antioksidan, serat dan lainnya," kata Inge.

Lantas bagaimana caranya memilih suplemen yang tepat? Inge mengatakan, suplemen dapat dipilih bagi mereka yang tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisinya sesuai dengan balance diet. Yang terpenting, pilih suplemen yang alami tanpa pengawet dan tanpa bahan kimia).

Suplemen dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, seperti pada saat: 

  • Kebutuhan tubuh meningkat pada saat sakit atau mencegah sakit dan stres 
  • Beraktivitas 
  • Lelah 
  • Perlu menambah daya tahan tubuh, dan lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini