Sukses

Hati-hati, Ini 4 Bahaya Kosmetik Kedaluwarsa

Berikut bahaya bila Anda menggunakan make up kadaluwarsa, dikutip dari situs Health Me Up, Selasa (19/4/2015)

Liputan6.com, Jakarta Siapa saja yang kerap menggunakan kosmetik, rutinlah mengecek tanggal kedaluwarsa dari produk kosmetik yang digunakan itu. Bila Anda membiarkan produk kedaluwarsa menempel di tubuh, hal ini akan menyebabkan Anda mendapat risiko kesehatan serius.

Berikut bahaya bila Anda menggunakan kosmetik kedaluwarsa, dikutip dari situs Health Me Up, Selasa (19/4/2015).

1. Bahan aktif

Bahan aktif dalam kosmetik tidak berfungsi dengan baik bila melewati masa kedaluwarsa. Misalnya saja Anda menggunakan alas bedak dengan SPF, produk tersebut tidak dapat melindungi Anda dari sinar matahari jika telah lewat masa kedaluwarsanya.

2. Pengawet tak akan bekerja

Kebanyakan produk kosmetik mengandung bahan pengawet. Pengawet tidak bekerja setelah lewat tanggal kedaluwarsa yang menempatkan Anda pada risiko penyakit kulit.

3. Peradangan

Ketika molekul di kosmetik terpecah, kulit pun berisiko mengalami peradangan yang sering disebut dengan dermatitis. Reaksi ini dapat menyebabkan sejumlah masalah, termasuk kemerahan, benjolan, ruam, lecet, dan bengkak.

4. Jerawat dan infeksi

Kosmetik kedaluwarsa cenderung menyebabkan jerawat, infeksi kulit, sampai infeksi pada mata seperti konjungtivitis.

Agar terhindar dari masalah semacam ini, simpanlah kosmetik di lemari es karena suhu yang lebih tinggi mendorong pertumbuhan bakteri. Bersihkan juga kuas kosmetik secara teratur dengan sabun dan air.

Terpenting, jangan pernah berbagi kosmetik dengan siapa pun. Semakin banyak orang yang menggunakannya, memudahkan terjadinya kontak bakteri.

Selain itu, buanglah kosmetik Anda jika mulai tercium bau tak sedap, bahkan jika kosmetik yang baru dibeli sekali pun. 

 

Baca: 

Periksa Bahan Kosmetik yang Bikin Keriput di Wajah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini