Sukses

Catat, 5 Tanaman yang Ampuh Usir Nyamuk

Untuk mencegah penyebaran penyakit melalui nyamuk, mungkin Anda butuh menanam tumbuhan tertentu pengusir nyamuk.

Liputan6.com, Jakarta Peralihan musim hujan dan kemarau merupakan waktu yang paling disukai nyamuk untuk berkembang biak. Jika kurang menjaga kebersihan lingkungan, nyamuk juga akan semakin senang tinggal di sekitar Anda.

Untuk mencegah penyebaran penyakit melalui nyamuk, mungkin Anda butuh menanam tumbuhan tertentu pengusir nyamuk. Seperti dikutip Prevention, Senin (18/5/2015) simak lima tumbuhan yang tidak disenangi nyamuk:

1. Lemon Balm

Tanaman yang bentuknya menyerupai daun mint ini memiliki bunga putih dan wangi seperti lemon. Tanaman ini ampuh mengusir serangga, terutama nyamuk.

2. Catnip

Tanaman ini mengandung zat kimia yang disebut nepetalactone yang mampu membunuh serangga.

3. Basil

Sebuah studi 2009 menunjukkan bahwa tanaman ini beracun untuk jentik nyamuk.

4. Lavender

Tanaman yang identik berwarna ungu ini bukan hanya ampuh mengusir nyamuk namun juga serangga lain seperti ngengat dan lalat.

5. Peppermint

Peppermint juga kerap digunakan sebagai obat nyamuk, dan minyak esensialnya terbukti membunuh larva beberapa spesies serangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.