Sukses

Tokoh-tokoh Dunia Ini Didiagnosis Miliki Masalah Asam Lambung

Mulai dari Barack Obama hingga Joss Stone pernah mengalami masalah dengan asam lambung.

Liputan6.com, Jakarta Asam lambung (acid reflux) yang naik diduga menjadi penyebab salah satu tokoh senior dunia hiburan Indonesia Didi Petet (58) menghembuskan nafas terakhir pada Jumat (15/5/2015) pada 05.30 WIB.

Kondisi asam lambung yang naik ternyata dialami banyak orang, termasuk para tokoh dunia. Berikut beberapa tokoh dunia yang didiagnosis dengan permasalahan asam lambung dihimpun Health-Liputan6.com, Jumat (15/5/2015).

1. Barack Obama

Obama masa kini | via: en.wikipedia.org
Pada awal Desember 2014, Presiden Amerika Serikat Barack Obama didiagnosis masalah asam lambung setelah menjalani tes di sebuah rumah sakit militer di Washington, AS. Tes ini dijalani Obama karena ia mengeluhkan sakit tenggorokan. Setelah menjalani CT Scan, menurut dokter kepresidenan, Ronny L. Jackson penyebabnya adalah asam lambung seperti dilansir laman Bloomberg.

2. Bill Clinton

Bill Clinton. (Reuters)
Mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton mengalami masalah pada asam lambungnya. Suara seraknya kala itu dikaitkan dengan Gastro-Esophageal Reflux Disease (GERD). Asam lambung yang naik membuatnya mengalami neyeri dada. Untuk menghindari terkena penyakit ini, Clinton mengubah pola makannya dengan mengadopsi pola vegetarian dan menghindari aneka makanan atau minuman pemicu GERD.

3. George W. Bush

George W Bush (Georgewbush-whitehouse.archives.gov)
Asam lambung yang naik hingga ke jantung bisa memicu rasa panas atau heartburn. Presiden Amerika Serikat ke-43, George W. Bush pernah mengalami hal tersebut yang dipicu minum kopi dan makan peppermint. Menghindari pemicu asam lambung naik ternyata bisa meredakan gejalanya.

4. Joss Stone


Penyanyi Joss Stone diisukan memiliki masalah suara gara-gara asam lambung yang naik. Memang, asam lambung yang naik dapat membuat masalah pada tenggorakan hingga membuat tenggorokan terasa terbakar.
Dengan mengistirahatkan suara bisa membantu pemulihan suara. Tentunya didukung dengan pengobatan lewat obat-obatan yang mampu mengurangi produksi asam lambung dan menghindari aneka makanan atau minuman pemicu asam lambung naik.

 

Baca juga:
Waspadai Asam Lambung, Dugaan Penyebab Kematian Didi Petet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.