Sukses

Pacar Perhatian atau Posesif? Cari Tahu Bedanya!

Kadang kita sulit untuk membedakan mana pacar yang perhatian atau posesif.

Liputan6.com, Jakarta Pada dasarnya, seseorang senang diperhatikan. Tapi bagaimana jika pasangan selalu menanyakan hal sepele setiap menit, apakah ini termasuk perhatian atau posesif? Dimana batasan keduanya?

Menurut Psikolog Seksual Zoya Amirin, baik perhatian atau posesif memang sering menjadi alasan pasangan. Tapi kita harus yakin, yang membedakan keduanya adalah kenyamanan Anda.

"Seberapa nyaman masing-masing individu menghadapi pasangan yang demikian. Kalau dia terus menerus tidak percaya, susah untuk menjalani suatu hubungan. Apakah pasangan sering menanyakan, Anda di mana, sedang apa, bersama siapa, dan sebagainya, lantas apa yang Anda dapatkan? Nyamankah Anda dengan caranya?," kata Zoya untuk Sexpedia-Liputan6.com, ditulis Rabu (13/5/2015).

Di sisi lain, jika pertanyaan bertubi-tubi dilontarkan ke pasangan, apakah Anda yakin dia tidak akan selingkuh? Zoya menerangkan, pertanyaan apapun ketika Anda tidak membuat komitmen atau komunikasi yang jelas, termasuk saat cemburu, itu harus dikomunikasikan.

"Cemburu itu bukan cinta. Cemburu itu muncul karena orang merasa tidak aman (insecure), atau mungkin takut pasangan akan dicuri, takut ditinggalkan dan sebagainya. Itu bukan cinta, karena orang yang saling mencintai akan percaya," jelasnya.

"Kalau ada dari sifat pasangan yang tidak membuat Anda nyaman, maka harus dikomunikasikan bukan dicemburui. Karena cemburu bukan tanda cinta tapi tanda anda tidak percaya pada pasangan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini