Sukses

Pria Pendek Memiliki Usia yang Lebih Panjang?

Memiliki perlindungan yang lebih besar terhadap kanker menjadi alasan pria pendek bisa hidup lebih lama ketimbang pria tinggi.

Liputan6.com, London - Memiliki perlindungan yang lebih besar terhadap kanker menjadi alasan pria pendek bisa hidup lebih lama ketimbang pria tinggi.

Setelah melakukan penelitian dengan melibatkan 8.003 orang pria Amerika keturunan Jepang, para peneliti dari University of Hawai menemukan pria dengan tinggi hanya 5 kaki 2 inci (159 cm) memiliki usia hidup lebih lama beberapa tahun ketimbang pria dengan tinggi 5 kaki 4 inci (164 cm).

Mereka menemukan, pria lebih pendek cenderung memiliki pelindung dari gen FOXO3 (yang berkaitan dengan penuaan dan umur panjang) yang lebih besar. Hasil dari studi ini adalah, pria dengan varian gen ini kemungkinan untuk menderita kanker jauh lebih rendah.

Dikutip dari situs Daily Mail, Selasa (13/5/2015), sebuah studi terpisah pernah dilakukan pada 2012, dengan melibatkan sejumlah responden yang lahir di Sardinia kisaran 1866 hingga 1915. Mereka menemukan, pria terpendek (161 cm) hidup dua tahun lebih lama dibanding pria tinggi. 


Baca juga

4 Keuntungan Punya Suami Pendek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.