Sukses

Pola Hidup Tak Sehat Sebabkan Penyakit Degeneratif

Sering makan makanan junk food, terlalu manis atau asin serta berlemak, dan kurang berolahraga menjadi pemicu penyakit degeneratif.

Liputan6.com, Jakarta Kematian di Indonesia yang disebabkan penyakit degeneratif atau penyakit karena menurunnya fungsi organ tubuh mencapai 71 persen, menurut data WHO tahun 2014. Penyebabnya adalah pola hidup tak sehat.

"Penyakit degeneratif antara lain terdiri dari diabetes melitus, obesitas, hipertensi, PJK (Penyakit Jantung Koroner), stroke, osteorakitis, kanker, dan sebagainya. Jumlah penderita semakin meningkat karena pola hidup tak sehat," ujar Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, saat ditemui dalam acara Kampanye Sehat Nestle Indonesia dan launching aplikasi 'Nestle Healthy Steps' di Atrium Royal Plaza, Surabaya, Minggu, (10/5/2015).

Pola hidup tak sehat sendiri adalah kebanyakan makan makanan seperti junk food, terlalu manis, terlalu asin, atau terlalu banyak lemak; kelelahan atau kurang istirahat; tingkat stres tinggi; dan kurangnya aktivitas fisik atau kurang bergerak.

Merokok dan terlalu sering terpapar polusi juga menjadi salah satu faktor pemicu seseorang menderita penyakit degeneratif.

"Cara mengatasinya bisa dimulai dengan makan makanan sehat, perbanyak bergerak, tidak stres, cukup istirahat, dan juga lingkungan sehat," tambah dr. Inge.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.