Sukses

Pria Bisa Alami Kanker Payudara Bila Ada Keturunan

Faktor risiko kanker payudara juga bisa disebabkan dari genetik, lho.

Liputan6.com, Jakarta Meski kanker payudara banyak dialami wanita, bukan berarti para pria bisa tenang. Faktor risiko kanker payudara juga bisa disebabkan dari genetik, lho.

Seperti disampaikan Ahli genetika dari Fox Chase Cancer Center di AS, Dr Mary Daly, kalau kemungkinan genetik memang bisa terjadi pada pria ataupun wanita. Untuk itu penting mengetahui gejalanya seperti benjolan di dada.

"Jika ibu Anda memiliki kanker payudara, coba lakukan pemeriksaan rutin setahun sekali. Sebab dalam beberapa kasus, kanker ini dipicu oleh gen yang bermutasi dari BRCA1 atau BRCA2, yang dapat diwariskan oleh laki-laki dan perempuan," katanya, seperti dikutip Menshealth, Sabtu (9/5/2015).

Jadi, kata Daly, bila ibu memiliki salah satu mutasi gen saja, maka kemungkinan Anda memiliki 50 persen risiko kanker payudara.  Walaupun risikonya lebih kecil pada pria atau hanya 1,2 persen dibandingkan perempuan yang mencapai 6,8 persen, tapi Anda perlu berhati-hati.

Lantas bagaimana mencegahnya? Daly menyarankan, selain pemeriksaan rutin, olahraga untuk menjaga tubuh tetap ramping dapat mengurangi ancaman risiko kanker prostat dan kanker payudara pada laki-laki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini