Sukses

Soal Vaksin, Orangtua Jangan Terlalu Percaya Bisikan Orang Lain

Terkadang keluhan orangtua tentang vaksin dan sakit yang diderita anaknya tidak relevan.

Liputan6.com, Jakarta Memberi imunisasi si kecil memang hak masing-masing orangtua. Jika memang enggan mengimunisasi karena beberapa hal, semoga alasan tersebut benar-benar dialami sendiri bukan karena `bisikan` orang lain.

Sekretaris Satgas PP-IDAI & Ahli Tumbuh Kembang Anak FKUI-RSCM, Dr. Soedjatmiko, SpA (K), MSi mengatakan, salah satu hal yang amat disayangkan adalah jika orangtua terlalu percaya omongan orang lain yang belum tentu dampak itu akan dirasakan oleh anaknya.

"Lagi pula, belum tentu bisikan itu benar adanya," kata Soedjatmiko.

Soedjatmiko mengatakan, ada orangtua yang menghasut orangtua lainnya mengaku kalau anaknya tetap sakit setelah diimunisasi lengkap. "Nggak tahunya, pas dicek buku imunisasinya malah nggak lengkap sama sekali," kata Soedjatmiko  dalam diskusi `School of Vaccine for Journalist` di Hotel Eastparc, Yogyakarta, Jumat (8/5/2015)

Atau sakit yang dialami anaknya itu tidak relevan dengan jenis vaksin yang diberikan.

"Anaknya suntik polio, tapi sakitnya panuan. Itu dibilang sakitnya karena vaksin. Sudah jelas sakit sama vaksinnya tidak relevan," kata Soedjatmiko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

    vaksin

  • Imunisasi adalah proses pembentukan sistem imun tubuh, agar kebal terhadap penyakit tertentu.

    Imunisasi