Sukses

Roti Sehat Rasa Kencur dan Bawang Putih di Kampus IPB

Para pecinta kuliner di Kota Bogor, Jawa Barat, dapat menikmati sajian makanan berupa Roti Sehat yang disajikan Resto Taman Koleksi IPB

Liputan6.com, Jakarta Para pecinta kuliner di Kota Bogor, Jawa Barat, dapat menikmati sajian makanan berupa Roti Sehat yang disajikan Resto Taman Koleksi di area Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Baranangsiang.

"Ini merupakan inovasi baru, kenapa kami beri nama Roti Sehat, karena bahan dasar pembuatan roti terbuat dari tepung rendah protein, tidak menggunakan telur serta margarin," kata Trilia Gunawan selaku operasional Restro Taman Koleksi itu, di Bogor, Jumat (8/5/2015).

Lia menjelaskan bahwa Roti Sehat berbahan baku terigu dan gandung itu memiliki nilai khusus, yakni menyajikan aroma rempah-rempah yang sehat, "Modern life style" mengggunakan wadah khusus untuk saos filler.

"Roti Sehat terdapat dua pilihan jenis, yakni roti gandum dan terigu, dengan rasa Kencur serta Garlic atau bawang putih," kata Trilia.

Hidangan Roti Sehat dapat dinikmati dengan empat rasa saos, yaitu kari, salmo, rendang, dan vegetable. Saos dapat disuntikkan ke dalam Roti Sehat yang dapat dibelah bagian tengahnya, atau bisa dicocol.

Harga per porsi satu paket Roti Sehat itu dijual Rp24.000, terdiri atas tiga roti dan satu jenis saos. Roti tersebut juga dapat dibeli secara satuan seharga Rp4.000, begitu juga pilihan saos dapat dibeli secara terpisah seharga Rp12.000 per botolnya.

"Roti Sehat termasuk kudapan, dapat menjadi subtitusi makanan pengganti nasi, karena kandungan rempah-rempah, serta gandum maupun terigu memiliki kadar kalori yang cocok untuk diet," katanya.

Trilia Gunawan mengatakan pula, untuk roti original garlic memiliki kandungan kalori 75.22, karbohidrat 14.93, 1.9 protein, lemak (fat) 0.93 dan serat 0,13.

Kemudian untuk original kencur, dengan kandungan kalori sebesar 73.2, karbohidrat 14.48, protein 7.82, lemak 0.91 dan serat 0.11. Sedangkan untuk gandum garlic memiliki kalori 87.55, karbohidrat 17.57, protein 2.06, lemak 0.99 dan serat 0.47.

"Roti itu penyajiannya hanya dihangatkan di atas teflon atau oven, dan bila disimpan di dalam refrigerator bisa tahan sampai selama dua bulan," katanya pula.

Tampilan Roti Sehat, menyerupai Dorayaki (makanan khas Jepang), berukuran bulat dan tebal. Roti ini dapat diisi dengan saos yang disediakan, atau bisa juga mencocol saos di piring.

Hidangan ini menjadi menu andalan Resto Taman Koleksi yang konsisten mengusung konsep sehat.

Sejak diluncurkan pada 1 Mei 2015, permintaan akan menu baru ini mencapai 31 paket per harinya.

Menurut Tri, demikian panggilan akrabnya, pihaknya bereksperimen selama dua bulan untuk membuat produk Roti Sehat itu.

"Pilihan cita rasa rempah-rempahan sangat cocok menjadikan Roti Sehat sebagai hidangat sehat yang dapat dinikmati saat hujan, dingin, maupun panas," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini