Sukses

10 Makanan Ini Bisa Membuat Anda Alami Halusinasi

Makanan dan minuman berikut bisa memberi efek halusinasi jika dikonsumsi berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang melebihi nikmatnya minum kopi di pagi hari atau mengudap cokelat sambil bersantai. Namun, ternyata kopi dan coklat bisa menyebabkan efek halusinasi jika dikonsumsi melebihi takaran. 

Selain kopi dan cokelat, apa saja makanan dan minuman yang bisa membuat Anda berhalusinasi? Berikut daftarnya seperti dilansir situs Healthyfoodteam, Kamis (7/5/2015):

1. Salah satu studi di Amerika Serikat menunjukkan, minum kopi lebih dari 7 cangkir per hari akan menyebabkan halusinasi. Setelah meminum kopi sebanyak 7 cangkir, responden mulai mengeluarkan suara-suara dan bahkan ada yang merasakan kehadiran makhluk halus. 

2. Cokelat mengandung anandamide, jika dikonsumsi dalam jumlah besar akan memberi efek seperti akibat menghisap marijuana pada tubuh. Seseorang dengan bobot sekitar 57 kilogram akan bisa merasakan efek tersebut jika mengonsumsi 10 kilogram cokelat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keju Stilton

3. Makan buah mulberry mentah juga mengakibatkan halusinasi dan masalah pencernaan. 

4. Keju Stilton yang dicetak bisa menyebabkan gangguan tidur. Sebuah studi di Inggris membuktikan, makan 20 gram keju sebelum tidur bisa mengakibatkan mimpi aneh. 

5. Cabai pedas dapat membuat sensasi terbakar di mulut dan tenggorokan. Senyawa capsaicin dalam cabai menstimulasi tubuh untuk memperoduksi endorfin secara berlebih hingga membuat Anda merasa girang dan sedikit `mabuk`.

6. Beberapa jenis jamur mengandung zat yang memberi efek halusinasi seperti psilocybin, psilocin serta membangkitkan emosi.

3 dari 3 halaman

Efek narkosis

7. Biji poppy memberi efek narkosis cukup besar karena memiliki kandungan persentase alkaloid morphine tinggi. Ingatlah hal ini jika ingin makan makanan berbahan biji poppy.

8. Mengonsumsi bagian kepala bamboofish bisa mengakibatkan halusinasi selama beberapa hari. Di masa Romawi Kuno, ikan ini dikonsumsi karena efek sampingnya yang mnyerupai obat bius.

9. Ergotism adalah kondisi keracunan akibat tepung rye (gandum hitam) yang terinfeksi ergotamine. Efek samping keracunan ini berupa halusinasi, kejang, atau mati rasa di jemari.

10. Buah pala mengandung myristicin dengan efek bius luar biasa. Jangan heran bila Anda mengalami sesak napas, pusing, dan halusinasi parah jika terlalu banyak makan buah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.