Sukses

Yang Bikin Kulit Tetap Gosong Meski Sudah Pakai Sunblock

Anda pernah mengalami kulit terbakar meski sudah menggunakan lotion atau krim yang mengandung sunblock ber SPF tinggi?

Liputan6.com, Jakarta Anda pernah mengalami kulit terbakar meski sudah menggunakan lotion atau krim yang mengandung sunblock ber-SPF tinggi? jika iya, Anda mungkin tidak sendiri. Sebab, penggunaan lotion atau krim ini ternyata kerap keliru.

Seperti disampaikan Spesialis kulit Bamed Skin Care dr. Heru Nugraha, SpKK, penggunaan lotion atau krim itu harus sesuai dengan kondisi cuaca. Khususnya pantai atau tempat yang panas, penggunaan pelindung tersebut harus lebih sering.

"Idealnya, ada dua macam lotion atau krim mengandung sunblock yang water resistant atau waterproof. Gunakan ini pada pagi hari dan ulangi setelah 2-3 jam agar terhindar dari sengatan matahari," kata Heru pada wartawan, ditulis Senin (26/4/2015).

Heru menerangkan, semakin tinggi SPF, bila tidak digunakan berulang, akan percuma. "Mau SPF 100 juga kalau hanya sekali pakai pagi hari, tidak bisa melindungi kulit dari lamanya paparan matahari."

Heru menambahkan, penggunaan lotion juga akan semakin efektif apabila digunakan 30 menit sebelum terkena paparan matahari. Selama Anda masih berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, ulangi penggunaan lotion agar kulit Anda bisa terlindungi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.