Sukses

Wagub DKI: Jumantik Cilik seperti Detektif Pencari Nyamuk

Wagub DKI Jakarta mendukung aksi Jumantik (juru pemantau jentik) Cilik.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, mendukung aksi Jumantik (juru pemantau jentik) Cilik bertindak aktif memantau jentik-jentik nyamuk di sekitarnya. Menurutnya, aksi ratusan Jumantik Cilik yang berasal dari 50 Sekolah Dasar (SD) di DKI Jakarta dan 5 SD di Depok, Jawab Barat ini mirip tugas detektif.

"Kita perlu berikan motivasi bagi para Jumantik Cilik bahwa mencari jentik nyamuk merupakan eksperimen yang sangat menyenangkan. Membuat mereka seperti detektif-detektif kecil pencari jentik nyamuk," terang Djarot di Balai Agung Balaikota DKI Jakarta pada Kamis (23/4/2015).

Djarot pun berharap aksi Jumantik Cilik yang terdiri dari membicarakan demam berdarah, memasang majalah dinding tentang fakta demam berdarah, menyebarkan kuis dengan pertanyaan mengenai demam berdarah, memberantas sarang dan jentik nyamuk serta mengisi buku harian yang berisikan hasil temuan jentik nyamuknya ini dapat memberikan pemahaman untuk pencegahan dan pemberantasan nyamuk sejak dini.

Aksi Jumantik Ciliki ini merupakan program yang  digagas produsen SC Johnson bekerjasama Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) serta Fakultas Kesehatan Masyarakat UI dapat memberikan pelatihan kepada anak-anak untuk tidak lagi menjadi korban demam berdarah dan mampu jadi agen perubahan. 

"Dengan adanya Jumantik-jumantik Cilik ini mudah-mudahan angka demam berdarah di DKI Jakarta semakin menurun setiap tahunnya dan tidak ada korban jiwa di antara kita," harap Djarot menutup sambutannya di hadapan perwakilan Jumantik Cilik, guru para Jumantik Cilik serta insan pers dalam konfrensi pers. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini