Sukses

Lakukan Ini Kala Anak Terbangun dari Mimpi Buruk

Jangan sampai mimpi buruk menganggu kehidupan keseharian.

Liputan6.com, New Delhi Bagi orang dewasa, mimpi buruk bisa jadi sangat tidak menyenangkan karena mengubah emosi seharian, begitu pula dengan anak kecil. Ada baiknya melakukan beberapa hal agar membuatnya lebih tenang.

Dilansir dari Times of India, Kamis (23/4/2015), lakukan hal-hal berikut kala anak terbangun dari mimpi buruk.

1. Menghiburnya
Tanyakan tadi mimpi apa, lalu menenangkan dan memintanya untuk kembali tidur. Anda pun bisa menyanyikan lagu pengantar tidur untuknya.

2. Peluk
Menghibur anak dengan kehangatan seperti memeluk, mencium, menggosok punggung, menepuk lembut bahu mampu membuat seorang anak jadi tenang.

3. Dengarkan mimpinya baik-baik
Jangan pernah mengabaikan atau anggap angin lalu mimpi anak. Tanya padanya apa yang ia tadi takutkan lalu dengar jawabannya.

4. Yakinkan bahwa ia aman
Misalnya ia baru saja bermimpi melihat monster di kolong mejanya, coba ajak anak untuk melongok bagian tersebut. "Coba yuk, kita lihat bersama-sama, benar tidak,", misalnya begitu.

5. Nyalakan lampu kecil
Ruangan yang gelap akan menambah rasa takut pada anak. Nah, nyalakan lambu kecil agar ia berani kembali tidur sendirian.

6. Kunjungi psikolog
Jika ia mengalami mimpi buruk dengan kisah yang mirip secara berulang segera kunjungi konselor maupun psikolog. Mimpi buruk seperti ini mampu mempengaruhi perkembangan mental anak. Juga berdampak negatif pada kegiatannya di siang hari, salah satunya konsentrasinya di sekolah bisa terganggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mimpi buruk atau nightmares adalah mimpi yang mengganggu dan terasa nyata. Anda dapat terbangun dari tidur nyenyak dengan rasa takut

    Mimpi Buruk