Sukses

Bangkitkan Pede Pra-Remaja Lewat Yoga

Ada yoga khusus untuk pra remaja yang bermanfaat untuk membangun rasa percaya diri mereka.

Liputan6.com, Jakarta Yoga tak hanya bagi orang dewasa, anak-anak yang mulai memasuki usia remaja alias pra remaja juga bisa melakukan olahraga ini. Bahkan, ada yoga khusus untuk pra remaja yang bermanfaat untuk membangun rasa percaya diri mereka.

Salah satu praktisi yoga untuk pra remaja adalah Tina Maladi. Perempuan yang juga dikenal sebagai fasilitator yoga anak-anak ini mengatakan bahwa lewat yoga ini, peserta diajarkan untuk mengenal diri sendiri dan memiliki percaya diri.

"Setiap pose yoga kan ada maknanya, lalu saya gabung dengan afirmasi positif. Misalnya pose satria sambil mengucapkan 'saya percaya diri', 'saya pemberani'," ungkap Tina di Taman Suropati Jakarta, pada Minggu (19/4/2015).

Mengucapkan kalimat positif tersebut sepertinya mudah. Namun, seperti diungkapkan Tina, bagi yang tidak memiliki kepercayaan diri akan sulit untuk mengeluarkan kalimat afirmasi itu dari mulut.

Selain dapat membangun rasa percaya diri, yoga untuk pra remaja pun bisa membuat mereka lebih tenang menghadapi tingginya beban pelajaran di sekolah maupun ramainya kehidupan perkotaan.

"Yoga bisa jadi alternatif anak untuk melepas rasa stres. Stres terlalu tinggi akan membuat proses belajar jadi tidak optimal," terang perempuan yang mulai mengajar yoga untuk anak-anak sejak 2006 ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.