Sukses

Kulit Jeruk, Manfaatkan untuk Shampoo dan Pengharum Ruangan

Buah jeruk memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi setelah itu, jangan buang kulitnya.

Liputan6.com, Jakarta Buah jeruk memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi jangan buang kulitnya. Ampas jeruk bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut dan pengharum ruangan. Simak ulasannya, seperti dikutip Healthmeup, Senin (13/4/2015) berikut ini:

1. Membuat rambut berkilau

Rendam kulit jeruk di dalam air semalam. Pada pagi hari, bilas rambut dengan air ini, untuk rambut mengkilap dan harum.

2. Campuran salad

Masukan kulit jeruk ke dalam zaitun dan biarkan selama beberapa hari. Selanjutnya, jika Anda ingin membuat salad, gunakan campuran minyak zaitun ini.

3. Parfum rumah

Rebus kulit jeruk dalam air dan campur rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis dan mint. Cairan ini bisa menghilangkan bau tak sedap di rumah.

4. Mengurangi bau sampah

Simpan beberapa kulit jeruk di bawah kantong sampah untuk mengurangi bau tak sedap.

5. Menghilangkan bau pada sepatu

Jika sepatu Anda bau, taruh beberapa kulit jeruk yang dibungkus kain tipis pad sepatu. Kulit jeruk akan menyerap bau dan meninggalkan wangi yang segar pada sepatu Anda.

6. Membuat pembersih alami

Taruh kulit jeruk dengan cuka dalam botol. Tutup dan memasukan ke dalam lemari es selama beberapa minggu. Kemudian, saring cuka, tuangkan ke dalam botol semprot dan gunakan untuk membersihkan perabotan rumah.

7. Mengusir serangga

Semut, nyamuk dan lalat tidak suka bau limonen, senyawa yang terdapat pada buah jeruk. Simpan kulit jeruk di daerah banyak serangga dan lihat hasilnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini