Sukses

Kaku dan Nyeri Leher Saat Bangun Pagi, Waspadai Cara Tidur Anda

Kerap kaku dan nyeri di bagian leher atau punggung saat bangun pagi bisa menjadi tanda posisi tidur salah.

Liputan6.com, Jakarta Kerap kaku dan nyeri di bagian leher atau punggung saat bangun pagi bisa menjadi tanda posisi tidur salah. Tanpa disadari, posisi tidur yang awalnya nyaman, justru membuat postur tubuh memburuk.

Selama ini kita hanya tahu postur yang baik bisa didapat saat duduk dan berdiri dalam posisi yang benar. Namun, mempertahankan postur saat tidur selalu dilupakan.

Spine Surgeon dan Direktur di Spine Solution India, Dr Sudeep Jain mengatakan, satu posisi tidur yang berbahaya adalah tidur telungkup. Meski posisi ini terasa nyaman, tapi berbahaya bagi tulang belakang karena menyebabkan nyeri dan kerusakan jangka panjang.

Tidur di perut, jelas Sudeep, dapat mengarahkan sebagian besar tubuh ke bagian tengah tubuh. Akibatnya, tubuh tidak mampu mempertahankan kurva alami tulang belakang. Bila berlangsung semalaman memunculkan rasa tegang pada tulang punggung dan otot punggung.

Dikutip dari situs Health Me Up, Senin (13/4/2015) saat tidur dalam posisi ini, kita cenderung akan memiringkan kepala satu arah. Ini bisa membuat leher stres hingga muncul rasa kaku dan nyeri saat bangun di pagi hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini