Sukses

Perhatikan 10 Perubahan Payudara Saat Hamil

Untuk mengurangi ketidaknyamanan perubahan ini, disarankan menggunakan bra katun yang nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Kehamilan adalah fase dalam kehidupan seorang wanita. Tak hanya perubahan emosi yang fluktuatif, seorang wanita hamil juga mengalami perubahan fisik pada payudara.

Seperti dikutip Boldsky, Sabtu (11/4/2015) perubahan payudara normal terjadi. Untuk mengurangi ketidaknyamanan perubahan ini, disarankan
menggunakan bra katun yang nyaman.

Lebih jelasnya, berikut kesepuluh perubahan payudara selama kehamilan yang mungkin Anda alami:

1. Rasa sakit

Nyeri payudara selama kehamilan memang kerap terjadi. Tenang, Anda tidak sendiri sebab hampir 90 persen wanita hamil mengeluhkan masalah yang sama. Rasa sakit bisa terjadi karena perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh.

2. Membesar

Pembesaran payudara, biasanya akan  terlihat sekitar minggu ke-6 kehamilan. Perubahan ini biasanya disertai dengan rasa gatal dan peregangan kulit.

3. Puting lebih besar

Puting dan Areola (daerah gelap di sekitar puting payudara) juga akan membesar pada fase kehamilan.

4. Perubahan warna

Daerah sekitar puting susu dan areola cenderung gelap karena pigmentasi kulit yang disebabkan karena hormon. Ini juga perubahan payudara yang paling umum selama kehamilan.

5. Kesemutan

Kesemutan payudara sangat umum terjadi selama kehamilan.

6. Benjolan

Banyak wanita khawatir saat melihat benjolan selama kehamilan. Bisa jadi ada kista, jaringan serat dan galactoceles. Biasanya benjolan ini
akan hilang saat menyusui. Namun bila benjolan semakin tumbuh, segera periksakan pada medis.

8. Bocor

Pada minggu ke 16, sejumlah wanita mengalami kebocoran kolostrum.

9. Tuberkel Montgomery

Tuberkel Montgomery adalah kelenjar sebaseus dari areola yang membesar oleh kelenjar susu selama kehamilan akhir dan menyusui. Ini adalah salah satu perubahan payudara yang paling menyakitkan selama kehamilan. Pada fase ini, pastikan untuk membersihkan perlahan dengan air hangat dan gunakan baby oil agar tidak  menyebabkan infeksi.

10. Nyeri

Salah satu perubahan payudara terbesar dalam kehamilan adalah pembentukan dan pengumpulan susu dalam payudara terutama menjelang akhir kehamilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini