Sukses

Conny Method, Bersalin Jadi Makin Menyenangkan

Untuk mengatasi ketakutan akan sakitnya melahirkan hipnoterapis asal Bali Agus Wirajaya dan Conny Widya Hermina menciptakan Conny Method.

Liputan6.com, Jakarta Cerita dari teman, saudara dan anggota keluarga lain yang mengatakan persalinan itu sakit membuat banyak ibu yang baru pertama kali hamil jadi takut. Bayangan rasa sakit saat melahirkan membuat para ibu jadi tidak percaya diri saat nanti melahirkan.

Untuk mengatasi pikiran takut karena melahirkan yang dialami oleh banyak ibu, Hipnoterapis asal Bali Agus Wirajaya dan Conny Widya Hermina menciptakan teknik hypnobirthing bernama Conny Method.

"Conny Method ini merupakan salah satu teknik hipnobirthing agar kehamilan dan persalinan nyaman, tenang, bahagia, dan penuh percaya diri," terang Agus saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Rabu (9/4/2015).

Menurut Agus, perbedaan Conny Method dengan teknik hypnobirthing lainnya adalah adanya olah tubuh dan menggambar dan menulis yang seluruh teknik ini dilakukan tak cuma oleh ibu hamil tapi juga bersama pasangannya.

Kira-kira dibutuhkan empat sesi latihan Conny Method. Di sesi pertama, baik Agus maupun Conny meminta para pasangan untuk menceritakan bagaimanan konsep pernikahan dan harapan akan kehamilan. Kemudian ada latihan olah tubuh, nafas dan rileksasi.

Ada juga pekerjaan rumah yang diberikan yakni menulis dan menggambar. Tujuan untuk mengetahui perkembangan emosional istri dan suami setiap minggu. "Lewat gambar bisa dilihat kecenderungannya. misalnya bila warna dominan kelabu artinya masih ada rasa kesediahan," terang Agus yang mengajari teknik hipnobirthing ini di Sayang Ibu, Jalan Sesetan No 93D Denpasar, Bali. 

Sebelum masuk ke sesi selanjutnya, baik Agus atau Conny terapis dalam Conny Method ini akan melakukan kajian keberhasilan pasangan. Jika belum ada perbaikan, akan kembali diulangi materi pada minggu sebelumnya.

Dalam setiap sesi Conny Method ditekankan bahwa setiap ibu menyadari dan menikmati kehamilan. "Ketika dia tidak menikmati kehamilan akan ada gangguan emosional. Kami mencoba mengingatkan bahwa ini adalah anugerah. Lalu, kami juga mengingatkan bahwa kehamilan sebenarnya hal alami dan istimewa sehingga seharusnya bisa dinikmati," terang Agus.

"Ketika sudah sudah nyaman dengan kehamilan, apapun metode saat persalinan bukan ranah kami melainkan medis seperti bidan dan dokter. Ada yang caesar dan ada yang normal," terang ayah dua putri ini.

Sudah puluhan ibu hamil dan pasangan yang telah menjalani Conny Method. Ada beragam cerita yang diungkapkan oleh para ibu saat melahirkan usai mengikuti metode ini. "Ada yang melahirkan secara normal secara nyaman, merasakan orgasme saat melahirkan normal, ada yang melahirkan tanpa ngeden, dan ada yang caesar," terang Agus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini