Sukses

Pria Ini Gagal Ginjal Gara-gara Minum Es Teh

Seorang pria berusia 56 tahun menderita gagal ginjal akibat konsumsi es teh berlebih.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria berusia 56 tahun menderita gagal ginjal akibat konsumsi es teh berlebih. Menurut dokter yang memeriksanya, kebiasaan minum es teh berlebih setiap hari inilah yang kemungkinan menjadi penyebabnya.

Pria yang tidak diberitahukan identitasnya ini datang ke sebuah rumah sakit di Arkansas, Amerika Serikat pada Mei 2014. Saat itu ia merasa lemah dan sakit. Setelah menjalani pemeriksaan termasuk urine, diketahui bahwa di dalamnya memiliki tingkat kristal kalsium oksalat atau tanda bahwa ada batu ginjal.

Pria ini menyebutkan bahwa ia tidak memiliki riwayat keluarga dengan penyakit ginjal maupun batu ginjal seperti dilansir laman Livescience, Minggu (5/4/2015).

Setelah menjalani pemeriksaan lanjutan, pria ini mengakut bahwa ia minum 16 gelas es teh hitam setiap hari. Teh hitam merupakan sumber kaya oksalat, yakni sebuah senyawa yang dapat menyebabkan masalah ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi,

Pemaparan kebiasaan pria ini pun mengarahkan dokter pada kesimpula bahwa kemungkinan penyebab gagal ginjal karena konsumsi es teh hitam yang berlebihan setiap harinya. " Tidak ada penyebab lain dalam kasus ini," terang dokter yang menangani yang juga pengajar di Fakultas Kedokteran University of Arkansas, Alejandro Mena-Gutierrez.

Rata-rata konsumsi harian orang Amerika Serikat akan oksalat hanya 152-511 miligram per hari. Angka ini pun lebih tinggi 40-50 mg dari yang direkomendasikan Academy of Nutrition and Dietics.

"Dengan 16 gelas teh setiap hari, konsumsi harian pasien ini capai lebih dari 1500 mg," seperti yang tertulis dalam New England Journal of Medicine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini