Sukses

Ketahui 5 Fakta tentang Tuberkulosis

Setiap tanggal 24 Maret diperingati sebagai World Tuberculosis Day. Ketahui tentang penyakit menular ini lebih lanjut disini.

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 24 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai World Tuberculosis Day atau Hari Tuberkulosis Dunia. Setiap tahunnya jumlah kasus tuberkulosis terus menurun namun bukan berarti lengah terhadap kehadiran penyakit yang pada tahun 2013 merenggut 1.5 juta nyawa orang ini berdasarkan data WHO.

Ketahui 7 fakta mengenai penyakit tuberkulosis yang bersumber dari Lembar Fakta Tuberkulosis Peringatan Hari TB Sedunia yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI berikut ini.

1. Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis.

2. TB ditularkan dengan cara yang sangat mudah yakni melalui udara. Ketika seseorang sakit TB batuk, bersin, berbicara, atau meludah mereka dapat memercikkan kuman TB ke udara. Seseorang dapat terpapar TB dengan hanya menghirup sejumlah kecil kuman TB.

3. Seseorang yang tertular kuman TB belum tentu menjadi sakit TB. Kuman TB dapat menjadi tidak aktif (dormant) selama bertahun-tahun dengan membentuk suatu dinding sel berupa lapisan lilin yang tebal. Bila sistem kekebalan tubuh seseorang menurun, kemungkinan sakit TB menjadi lebih besar.

4. Sakit TB bisa disembuhkan dengan minum obat sesuai standar selama 6-8 bulan.

5. Beban TB di Indonesia masih sangat tinggi mengingat setiap tahun masih ada 460.000 kasus baru dan yang berhasil ditemukan baru sekitar 70 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini